Connect with us

Pekanbaru

Antisipasi terjadinya Karhutla di Riau tahun 2020.BPBD Riau ajukan bantuan pesawat Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) ke BNPB Pusat

Published

on

PEKANBARU RIAU – Untuk membuat hujan buatan untuk mengntisipasi Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau tahun 2020. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau mengajukan bantuan pesawat Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

Demikian disampaikan Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Riau, Jim Gafur, Minggu (12/7/2020). Dia mengatakan, TMC tersebut untuk mengantisipasi terjadinya Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau tahun 2020.

“Kita sudah mengirim surat permohonan ke BNPB, dan Alhamdulillah BNPB sudah merespon. Saat ini tinggal memastikan kesiapan pesawat, karena pesawat yang akan digunakan itu adalah milik TNI Angkatan Udara,” kata Jim Gafur.

Baca Juga  Sekdaprov.minta warga jangan percaya isu kabar penyemprotan racun kelagit lawan corona. Itu Hoaks

Lebih lanjut dia mengatakan, berdasarkan prediksi pihak BMKG pada Juli sudah memasuki musim kemarau di wilayah Riau. Sehingga keberhasilan TMC masih cukup tinggi.

“Sekarang inilah waktu yang tepat untuk melakukan TMC. Karena potensi awan masih banyak,” sebut anggota Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Riau ini.

Jim Gafur menambahkan, untuk garam yang akan digunakan untuk TMC sudah standby di Riau sekitar 20 ton.

“Stok garam saat ini masih ada 20 ton, jumlah itu cukup untuk melakukan TMC. Kalau nantinya sudah mulai menipis, bisa didatangkan lagi garamnya,” tutupnya. MCR/amn

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: