Connect with us

KANDIS

Pemkan Sam-sam revisi Data usulan penerima bantuan sosial sembako.

Published

on

KANDIS SIAK – Kepala kampung samsam pak Azam munthe mengundang seluruh rt , rw , serta kadus yang ada di kampung samsam dalam hal pendataan warga untuk mengusulkan bantuan sosial sembako.

Arahan yang di sampaikan pak Azam munthe menekankan kepada prangkat desa, agar benar benar pendataan usulan penerimaan bantuan sosial terhadap warga agar tepat sasaran, serta bisa di pertanggungjawabkan.

Saya sangat mengharapkan (red) dari 675 kk yang sudah terdata sementara warga agar dilakukan pengecekan kembali kepada warga yang benar benar sesuai dengan kriteria :
a. Tidak mempunyai sumber mata pencaharian dan/atau mempunyai pencaharian tetapi tidak mempuny
i kemampuan memenuhi kebutuha n dasar.

b. Mempunyai pengeluaran sebagian
besar digunakan untuk memenuhi
Konsumsi makanan pokok dengan
Sangat sederhana.
c. Tidak mampu atau mengalami kes
ulitan untuk berobat ke tenaga
tenaga medis , kecuali puskesmas
atau yang di subsidi pemerintah.
d. Tidak mampu membeli pakaian sa
tu kali dalam setahun untuk setiap
anggota rumah tangga.
e. Mempunyai kemampuan hanya me
nyekolahkan anaknya sampai jen
jang pendidikan sekolah lanjutan
tingkat pertama.
f. Mempunyai dinding rumah terbuat. dari bambu/kayu/tembok dengan kondisi tidak baik/kwalitas rendah ,
termasuk tembok yang sudah
usang /berlumut atau tembok tidak
diplester
g. Kondisi lantai terbuat dari tanah
atau kayu/semen/ keramik dengan
dengan kondisi tidak baik/kwalitas
rendah.
h. Atap terbuat dari ijuk/rumbia atau
seng dengan kondisi tidak baik.

Baca Juga  Hadiri Penyaluran Dana BLT dikecamatan kandis. Bupti siak Drs. H. Alfedri, Msi.bantuan harus benar-benar tepat sasaran.

Dengan kriteria ini kepala kampung samsam sangat mengharapkan agar pendataan BLT SEMBAKO agar dikaji ulang oleh seluruh prangkat desa , seperti rt , rw , dan kadus terhadap warga seluruh kampung samsam, imbuhnya.

Lebih lanjut kata sambutan di berikan oleh pendamping kampung, ibu Ajeng ariandini tentang PKH (Penerima Keluarga Harapan ) . PKH harus di ferifikasi kembali kerna PKH harus tepat sasaran kepada masyarakat yang ekonominya benar benar rendah,

Selain itu BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai ) , KIS ( Kartu Indonesia Sehat ) , KIP ( Kartu Indonesia Pintar ). ini semua program pemerintah selama lima tahun kedepan dapat dinikmati oleh warga yang mendapatkan PKH. Tukuan pemerintah demi mensejahterakan warga yang tidak mampu.

Dalam kurun waktu satu bulan kita akan mengadakan pengumpulan warga penerima PKH di rumah ketua kelompok dalam hal memberikan edukasi , pengarahan , serta mencek seluruh bantuan yang diterima agar dipergunakan dengan baik, termasuk dalam pembinaan anak sekolah apakah kehadiran 85 % , namun pada saat ini adalah pandemik virus korona atau covid 19 , kita harus patuh terhadap intruksi pihak kesehatan atau protokol kesehatan.

Lebih lanjut ibu Ajeng memberikan pengarahan terhadap warga yang hadir dalam rapat . Syarat PKH non tunai beryarat harus keluarga tidak mampu , ada anak sekolah , ibu hamil , lansia yang sudah berumur 70 tahun , dan cacat berat yang tidak mampu untuk mengurus dirinya sendiri. PKH bertujuan untuk mengharapkan keluarga bisa mandiri sehingga pemerintah dapat mengentaskan kemiskinan , giji buruk , agar tidak ada lagi anak putus sekolah sampai jenjang SLTA.

Baca Juga  Tim Opsnal Polsek Tapung Hilir Kembali Tangkap Sindikat Kawanan Curanmor Di Desa Libo Jaya rt 002/rw 001 Kandis

Jadi saya mengharapkan kepada warga kampung samsam, agar kiranya atas pendampingan saya dalam menjalankan tugas pemerintah sebagai pendamping kampung samsam , benar benar dapat saya dampingi dan benar benar mau menerima arahan saya, agar semua program yang kita nikmati tepat sasaran, imbuhnya sambil menyudahi kata sambutannya.

Editor : L. Nainggolan

Users ( votes)
Criterion 1
What people say... Leave your rating
Sort by:

Be the first to leave a review.

User Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

Show more
{{ pageNumber+1 }}
Leave your rating

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: