Connect with us

Bengkalis

PN bengkalis Bantah Keras Terkait tudingan PPK PUPR Katakan Pengadilan menolak Penitipan Uang Ganti Rugi lahan warga balai raja.

Published

on

BENGKALIS – Selasa 18 Agustus 2020 kemarin Warga kelurahan balai raja kecamatan pinggir Kembali mendatangi Pengadilan Negeri Kelas ll bengkalis dalam rangka meminta kejelasan Kepada Pengadilan Negeri bengkalis Terkait Ganti kerugian tanah warga yang terkena pembangunan jalan tol pekanbaru dumai Pekdum 4 Wilayah kecamatan pinggir

Kedatangan warga kali ini merupakan yang kedua kali nya untuk kembali meminta kejelasan kepastian kepada PN bengkalks atas ganti kerugian lahan warga yang terkena jalan tol sebagai mana yang telah di sepakati warga dari penawaran yang di ajukan oleh PN bengkalis beberapa waktu lalu.
“Beberapa waktu yang lalu kita sudah datang ke kantor Pejabat Pembuat Komitmen PPK jalan Tol di pekanbaru dan kita meminta kejelasan terkait dana ganti kerugian lahan warga. Namun kita belum mendapatkan jawaban yang memuaskan kita
Dan pada hari ini kita datang untuk kedua kalinya kita ke PN bengkalis untuk meminta kepastian dan kejelasan tentang ganti kerugian lahan kami di balai raja.ungkapnya rombongan saat tiba di pengadilan PN bengkalis Selasa Siang.
Kedatangan Para warga balai raja ke Pengadilan Negeri PN Bengkalis Siang itu lansung di sambut oleh ketua PN Bengkalis Rudi Ananta Wijaya, SH, MH, Li bertempat di ruang mediasi umum di pengadilan negeri PN Bengkalis.
Dalam mediasi bersama warga balai raja yang mempertanyakan kepastian hukum terkait setatus Hak tanah nya masyarakat lansung menyampaikan beberapa prihal terkait hasil rapat antara warga bersama Pejabat Pembuat Komitmen PPK PUPR di pekanbaru beberapa waktu lalu dinama hasil rapat tersebut ada 10 Poin yang disampaikan warga kepada PN bengkalis.
“Mendengar keluahan warga Ketua PN bengkalis Rudi Ananta Wijaya, SH, MH, Li menyampaikan bahwasanya pihak nya sebagai pengadilan amat sangat mengerti situasi yang dihadapi masyarakat pada umumnya kususnya masyarakat balai raja.ungkapnya.
“Terkait kasus ganti rungi lahan warga di kelurahan balai raja kecamatan pinggir hal ini menjadi konsentrasi penuh saya sebagai ketua PN dan itu juga menjadi atensi bersar dari pimpinan saya ketua Pengadilan tinggi di Pekanbaru terkait konsunyasi kemarin saya juga sudah berkordinasi dengan ketua saya di pekanbaru untuk menyelasaikan dengan secara sebaik-baiknya sebagai mana prosedur yang diatur.
Dan kita kalo pengadilan itu melangkah tidak asal melangkah artinya kita pengadilan itu harus berdasarkan aturan yang ada koridor hukum yang ada memingkinkan atau tidak.
Seperti pemohon PUPR mengajukan permohonan termohon nya ada dua disini dia sendiri seperti seolah-oleh tidak pasti seolah-oleh bahas nya ngambang. Dia sendiri pun tidak tau siapa yang harus di ganti rugi sebenar nya itu sebenarnya tidak salah.katanya.
Menanggapi Terkair informasi yang di terima dari warga. terkait dengan SK 59 gubenur dimana BPN telah mengakui kesalahan Data dari BPN itu.
“Sesuai apa yang disampaikan warga.BPN itu mengakui kalo data itu kesalahan dari mereka kan. Harusnya nya dari awal sudah bisa pasti sebelum ada prosen nya seperti ini. Dan pimpinan kami pun menyapaikan harusnya datanya harusnya sudah pasti. Gak bisa termohon nya ada dua seprti ini bagai mana cara nya ganti rugi kalau termohon nya ada dua seperti ini.
Akan tetapi semua itu kan sudah berjalan proses permohonan nya sudah ada dan proses penawaran nya juga sudah ada dan mau tidak mau pengadilan itu harus menawarkan kedua belah pihak kepada termohon 1 dan termohon tua. Yang ternyata termohon 2 SKK Mingas di pertemuan yang lalu sudah disampaikan bahwa mereka tidak mempunyai kewenanangan untuk menjawab seperti itu.
Nah yang menjadi perhatian kita di pengadilan itu adalah bagai mana sikap permohonan nya sendiri denga permohonan nya sendiri yang disikukan yang terkait dia sebutkan.yang terkait sendiri yang di sebutkan tidak bisa memberikan jawaban dan kepastian.
Artinya kita dari pengadilan sifatnya menunggu data-data itu dari pihak itu sendiri kepastian nya untuk kita tindak lanjuti.akirnyinya.
Baca Juga  Penerapan PSBB Di Kabupaten Bengkalis. Senin Mulai diberlaku secara efektif.
Terkait hasil pernyaran rapat dari warga yang di sampaikan ke oleh warga kepengadilan terkait tudingan kepada pengadilan dimana Didalam hasil Rapat Antara warga dan PPK ini saya fokus pada Poin No 4 yang mana pernyataan dari Ibu Eva Monalisa menyebutkan pada poin no 4 ini. Dibantah lansung oleh ketua PN bengkalis Rudi Ananta Wijaya, SH, MH, Li.
“Kusus poin no 4 ini Mengatakan PPK Sudah meminta pengadilan negeri bengkalis untuk menerima penitipan uang ganti kerugian Konsinyasi dititipkan ke rekening pengadilan negeri bengkalis.tetapi pengadilan negeri menolak sebelum ada jawaban dari termohon ll SKK Mingas dan penetapan.Sangat saya sayankan dan pernyatan ini saya bantah semuanya.
Ini jawaban nya adalah porsodural karna kalimat hakirnya seperti ini. karna sebelum ada jawaban dari termohon ll SKK Mingas dan penetapan.ucapnya sambil mengulang membacakan lagi pernyatan PPK tersebut.
Perlu di ketahui Disini saya tegaskan pengadilan tidak ada menolak penitipan uang konsinyasi.tegasnya
Penyatan yang di buat PPK ini sangat saya sayangkan sekarang bola panas ada di pengadilan disini warga menilai seolah-oleh pengadilan yang menolak penitipan dari PUPR ini.sementara kita dari pengadilan ini mencari solusi yang baik dan memberikan kepastian hukum susai dengan aturan yang ada.Bukan berati pengadilan penolak penitipan uang dari PUPR.
Jdi untuk itu kita meminta kepada PPK jangan lah mengeluarkan Stetmen yang menudutkan pengadilan dengan menandatangani surat yang nanti nya menyudutkan pengadilan. seolah-oleh pengadilah benar menolak seperti apa yang di katakan Oleh PPK itu. Tentunya yang jadi korban nantinya ada lah pengadilan seolah-olah pengadilan itu tidak profisional.tungkasnya.”****

Baca Juga  Pimpin rapat Stap Plh bupatin bengkalis Tingkatkan kewaspadaan

Berikut isi kesimpulan hasil rapat Yang di paparkan oleh PPK/PUPR Jalan tol.

Pada Hari ini Selasa tanggal sebelas bulan Agustus 11-8-2020. Telah di lakukan rapat bersama PPK Pengadaan Tanah jalan tol pekanbaru kandis dumai dengan perwakilan warga Simpang Sebidang Kelurahan balai raja kabupaten bengkalis yang isinya sebagai berikut.
1. PPK menjelaskan tentang proses konsinyasi yang sudah dilakukan di pengadilan negeri Kab.bengkalis.
2. Saat ini proses Konsinyasi sudah sampai pada tahap penawaran kepada warga sebagai termohon 1 dan SKK Migas perwakilan Sumbagut Sebagai termohon ll.
3. Informasi yang di terima dari warga bahwa termohon l warga menerima uang ganti kerugian yang di tawarkan panitera dari pengadilan Negeri bengkalis. Sedangkan Termohon ll SKK Migas belum dapat menjawab menerima atau menolak penawaran uang ganti kerugian yang di tawarkan oleh delegasi dari pengadilan Negeri pekanbaru.
4. PPK Sudah meminta pengadilan negeri bengkalis untuk menerima penitipan uang ganti kerugian Konsinyasi dititipkan ke rekening pengadilan negeri bengkalis.tetapi pengadilan negeri menolak sebelum ada jawaban dari termohon ll SKK Mingas dan nya penetapan.
5. PPK Sudah menghadap Kepala perwakilan SKK Mingas sumbagut tanggal 7 Agustus 2020. Tapi mereka tidak berwenang menjawab dan mengarahkan PPK ke Direktorat jendral Kekayaan Negara DJKN.
6. PPK sudah menyurati DJKN Kementrian Keuangan untuk meminta kepastian setatus Objek tanah yang terindikasi tumpang tindih dengan BMN SKK Migas/Pt CPI tanggal 10 Agustus 2020. Belum ada menjawab.
7. PPK Meminta Warga intuk menunggu saja tahap selanjutnya yaitu PPK menerima penetapan Konsinyasi Sebagai dasar PPK membayar/menitip uang ganti kerugian ke rekening pengadilan negeri bengkalis.
8. Apa bila sudah ada penetapan dari pengadilan Negeri bengkalis Maka PPK akan mengimpormasikan ke lurah balai raja untuk selanjutnya diinfokan kepada warga.
9. PPK Tidak dapat memastikan waktu persoalan pendaftaran konsinyasi yang dilakukan sampai pada tahap Inkrah.
10. PPK Mempersilahkan Warga menunjukan sikap agar tanah tidak dikeejakan oleh kontraktor sebelum uang ganti kerugian dibayar.
11. Daftar Hadir rapat sebagai bagian tidak terpisahkan dari kesimpulan.*
Tim

Users ( votes)
Criterion 1
What people say... Leave your rating
Sort by:

Be the first to leave a review.

User Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

Show more
{{ pageNumber+1 }}
Leave your rating

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: