Connect with us

Bengkalis

Safarudin Akan Laporkan Bupati Bengkalis ke Polda Riau & Minta Perlindungan Presiden

Published

on

PortalPinggir.com – Bengkalis, Soal gugatan yang dilakukan Kepala Desa Tasik Serai Barat, Safarudin, sampai saat ini tidak mendapatkan tanggapan apapun dari Bupati Bengkalis. Padahal PTUN Pekanbaru dan Mahkamah Agung telah mengabulkan gugatannya. Diapun menilai, Bupati Amril Mukminin telah mengangkangi putusan dua lembaga Peradilan tersebut. Dan akan melaporkannya ke Polda Riau.

Sebagaimana diketahui, Pemilihan Kepala Desa Tasik Serai Barat, Kabupaten Bengkalis yang digelar pada tanggal 11 Juli 2017 lalu telah memutuskan Safarudin sebagai Kades terpilih dengan perolehan suara terbanyak.

Pilkades secara serantak se-Kabupaten Bengkalis itu dalam pelaksanaannya pun tidak ada kendala apa-apa dan berjalan dengan sangat kondusif. Sehingga adanya surat penetapan panitia Pilkades Desa Tasik Serai Barat No. 7 Tahun 2017 tertanggal 14 Juli 2017 yang menetapkan Safarudin sebagai Kades terpilih.

Tapi, tiba-tiba ada pemilihan pemungutan suara ulang di TPS 1, sementara Syarifudin sebagai kandidat Cakades tidak diberitahukan oleh panitia Pilkades. Jelas hal ini sangat merugikan Safarudin yang sudah diputuskan sebagai pemenang.

“Bahkan klien kami sedang berada di luar kota. Hal ini kami anggap pelaksanaan pemungutan suara ulang itu cacat hukum. Dan kami akan membela klien kami,” kata Drs Sugino SH selaku kuasa hukum Safarudin.

Dijelaskan Sugino, bahkan pihak Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Pekanbaru, melalui surat yang dilayangkan ke Bupati Bengkalis, Nomor : W1.TUN.823/Prk.02.02/8/2019, Tanggal 20 Agustus 2019, perihal : Perintah Pelaksanaan Putusan Pengadilan Tata Usaha Negara Pekanbaru Nomor : 32/G/2017/PTUN PBR, Tanggal 20 Desember 2017 Jo Putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Medan Nomor : 14/B/2018/PT.TUN-MDN, tanggal 1 Maret 2018, Jo Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 397/K/TUN/2018, tertanggal 24 Juli 2018.

“Jika hal ini tidak diindahkan, justru menjadi preseden buruk seorang kepala Daerah yang mengkangkangi Keputusan Mahkamah Agung, sebagai lembaga peradilan tertinggi di Indonesia,” tukasnya.

Hal ini diamini Safarudin selaku Kepala Desa yang dimenangkan sebagaimana putusan Mahkamah Agung, dan Pengadilan Tata Usaha Negara Pekanbaru telah melayangkan surat kepada Bupati Bengkalis.

Baca Juga  Polres bengkalis bersama lakukan penyemportan Disinfektan di mako dan Lapas kelas ll bengkalis

“Anehnya, sampai saat ini surat itu sama sekali tidak mendapatkan tanggapan dari Bupati sebagai penguasa tertinggi di kabupaten Bengkalis ini,” ucap Safarudin.

Seharusnya, kata dia lagi, sudah sewajarnya pimpinan tertinggi memberikan contoh yang terbaik kepada masyarakat dengan menghormati tatanan hukum yang ada.

“Putusan Mahkamah Agung RI sifatnya mengikat dan dimenangkan Saudara Safarudin. Jadi pertimbangan hukum yang disampaikan oleh Pengadilan dan juga pelanggaran yang dilakukan oleh Bupati sudah sangat jelas,” ujarnya.

Terkait ketidakjelasan kasus yang ia hadapi, Safarudin mengaku akan melaporkannya ke Polda Riau dan juga menyampaikan perlindungan hukum kepada Presiden RI.

“Ya, saya masih mengupayakan melaporkan hal ini kepada Pihak Polda Riau, atas dugaan pelanggaran putusan Mahkamah Agung RI. Selain itu juga minta perlindungan hukum kepada Presiden RI,” pungkasnya.

Kadis Kominfotik Bengkalis saat dikonfirmasi mengaku belum mengetahui masalah terkait gugatan Kades Tasik Serai terpilih Safarudin yang telah dikabulkan PTUN dan Mahkamah Agung.

“Maaf bro, Saya belum tahu duduk perkara nya, nanti salah nanggapin pula, jadi kurang pas,” kata Drs Syafri Johansyah melalui sambungan telepon seluler, Minggu (29/12/2019) siang.

Ia meminta waktu untuk berkordinasi dengan OPD yang berkompeten guna menanggapi permasalahan ini. “Tunggu ya, Saya cari tahu dulu dengan OPD terkait yang mengetahui persoalan ini supaya gak miss informasi, terima kasih bro,” ujar Syafri Johansyah.

Bupati Harus Patuh Hukum

“Indonesia negara hukum (rechtstaat), oleh karenanya semua, baik warga negara/rakyat dan pemerintahannya harus patuh pada hukum. Termasuk Bupati harus patuh pada hukum, ” kata Dr Suhendro SH MHUM, kepada , saat diminta tanggapannya terkait putusan PTUN dan Mahkamah Agung yang dinilai dikangkangi oleh Bupati Bengkalis, Minggu (29/12/2019)

Menurut Suhendro yang sehari hari Dosen hukum di Unilak, putusan Pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap (BHT) itu adalah hukum. “Jika ada Bupati yang tidak melaksanakan putusan pengadilan yang telah BHT maka yang bersangkutan dipandang tidak menghormati atau tidak patuh pada hukum,” jelas Suhendro.

Baca Juga  Tiga Anggota DPRD Bengkalis Al Azmi. Adihan. Susianto SR. hadiri Malam Pembukan MTQ Ke 8 Desa Pinggir

Lanjut Suhendro, mestinya sebagai panutan masyarakat seorang Bupati memberikan contoh yang baik kepada masyarakat dengan menghormati putusan Pengadilan.

“[Sebab], kalau tidak, hal hal seperti ini akan membawa preseden buruk dalam penegakan hukum di Negara kita,” tandas Suhendro.

Latar Belakang Kasus

Kasus ini berawal dari Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di kabupaten Bengkalis pada 11 Juli 2017. Desa Tasik Serai Barat Kecamatan Talang Mandau (dulunya Kecamatan Mandau), salah satunya.

Di desa ini Safarudin (nomor urut 2) menang atas lawan-lawannya ditandai dengan adanya surat penetapan panitia Pilkades Desa Tasik Serai Barat No. 7 Tahun 2017 tertanggal 14 Juli 2017.

Namun entah kenapa, Bupati Bengkalis mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Kabupaten Bengkalis, No. 450/KPTS/VIII/3017 tertanggal 23 Agustus 2017 tentang penetapan pungutan suara ulang pemilihan Kepala Desa Tasik Serai Barat Kecamatan Talang Mandau.

Tak terima dengan SK tersebut, Safarudin melalui kuasa Hukum nya dari Kantor Hukum Sugino,Yusri & Partners melayangkan gugatan ke PTUN Pekanbaru pada tanggal 31 Agustus 2017. Sebagai tergugat adalah Bapak Bupati Bengkalis, dan para pihak.

Sumber

Users ( votes)
Criterion 1
What people say... Leave your rating
Sort by:

Be the first to leave a review.

User Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

Show more
{{ pageNumber+1 }}
Leave your rating

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: