Connect with us

RIAU

Setatus Desa Adat dinilai Menghambat Pemilihan Kepala Kampung. BPLK ASN  minta pemerintah tinjau ulang Perda Desa Adat

Published

on

SIAK PORTALPINGGIR.COM – Masyarakat menilai setatus desa adat tidak lagi memenuhi unsur unsur sebagai dase adat. Hal itu dikarnakan dengan tak kunjung di adanta lelaksanaan Pesta demokrasi Pemilihan Kepala Kampung Libo jaya.

Menanggapi kelurahan masyarakat libo jaya ketua BPLK ASN Kab. Siak Jonsen tampubolon, Se. Menanggapi hal tersebut Atas keluhan masyarakat kampung libo jaya atas status kampung libo jaya terkatung katung belum diadakannya pemilihan kepala kampung yg sudah lebih kurang dua tahun ini belum mengadakan pemilihan kepala kampung.kepada Portalpinggit.com jumat(28/2/20)
Dan Kepala kampung sampai saat ini tanggal 28 februari 2020 masih di jabat plt dari kecamatan kandis yaitu bapak tengku zulkifli. Masyarakat menyampaikan hal ini kepada saya (red) dengan rasa kecewa.
Lebih lanjut jonsen tampubolon memberikan keterangan kpd awak media, bahwa atas keluhan warga libo jaya membeberkan betapa sulitnya dan terbatasnya kepemimpinan pejabat sementara penghulu yang statusnya secara administrasi memiliki keterbatasan dan wewenang dalam menjalankan roda pemerintahan kampung libo jaya.
Di kampung libo jaya sudah terjadi urbanisasi yang beragam suku seperti suku batak toba, suku batak karo, suku jawa, suku nias, suku batak tapsel, suku plores. Sedangkan suku asli sakai sudah berbaur dgn suku yg lainnya diperkirakan hanya sekitar 5% dari total penduduk kampung libo jaya. Memang menurut perda kabupaten siak ada 8 desa sudah di sahkan menjadi kampung adat termasuk kampung libo jaya,
Baca Juga  Hanya Karena Mengambil Sarung tangan Di tong sampah.Diduga PKS-PT MUL Kandis PHK 2 orang Kariawannya.
namun sampai saat ini belum terbitnya perda kampung adat propinsi Riau dan juga belum keluarnya permendagri tentang penataan desa adat bagi kampung libo jaya.
Dengan kekecewaan masyarakat libo jaya ketua bplk asn mengharapkan pemerintah kabupaten siak agar kembali lakukan peninjauan ulang tentang desa adat.
Banyak masyarakat kampung libo jaya menyatakan bahwa desa adat tidak lagi memenuhi unsur unsur sebagai desa adat. Ini bisa dirasakan dan dibuktikan di lapangan seoerti kesatuan masyarakat hukum adat serta hak tradisionalnya secara nyata tidak diberlakukan di kampung libo jaya, baik yg bersifat teritorial, genealogis maupun yg bersifat fungsional. Masalah kesatuan masyarakat hukum adat dan tradisionalnya.
Ketua bplk asn kabupaten siak jonsen tampubolon, se mengatakan demi leluasanya kampung libo jaya dalam membangun kiranya pemerintah pusat, pemerintah propinsi, serta pemerintah kabupaten memberi perharian yg serius dalam status kampung libo jaya.
Baca Juga  25.000 bungkus Rokok ilegal tampa cukai di gagalkan Oleh Direktorat Kepolisian Ditpolairud Polda Riau
Kiranya dalam hal status desa adat dapat terselesaikan, sihingga masyarakat libo jaya dapat melaksanakan pemilihan kepala kampung sesuai dgn peraturan yang berlaku cetus jonsen tampubolon, se sambil menyudahi pembicaraannya dgn awak media portal pinggir

Editor : Gordon tampubolon

Users ( votes)
Criterion 1
What people say... Leave your rating
Sort by:

Be the first to leave a review.

User Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

Show more
{{ pageNumber+1 }}
Leave your rating

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: