Connect with us

Bengkalis

Ujutkan Desa Sebagai Daerah Otonom. Pemkab Bengkalis Gelar Pelatihan Kapasitas pemerintah desa Dan BPD

Published

on

BENGKALIS PORTALPINGGIR.COM – Untuk mewujutkan kebijakan pemerintah untuk menjadikan desa sebagai daerah otonom serta memberikan banyak peran kepada desa. Selasa (25/2/2020) Pemerintah Kabupaten Bengkalis menggelar Pelatihan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Bengkalis,

Acara yang di selenggarakan di ruang rapat Dang Merdu Lantai IV Kantor Bupati Bengkalis itu secara resmi di buka oleh Asisten Administrasi Umum Tengku Zainuddin itu di hadir pada acara tersebut, Komisi I DPRD Bengkalis Zulhandi, H. Arianto, Al Azmi, Sanusi, Kepala Dinas PMD Yuhelmi, narasumber Administrasi Bina Pemerintahan Desa Direktorat Jenderal Kementerian Achmad Rizki Rifani serta diikuti oleh peserta dari Kepala Desa dan BPD se-Kabupaten Bengkalis.

Tengku Zainudin dalam arahannya menyampaikan bahwa Undang- Undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa menjadi langkah utama dalam mewujudkan kebijakan pemerintah untuk menjadikan desa sebagai daerah otonom serta memberikan banyak peran kepada desa. Peran tersebut meliputi peran pelaksanaan pemerintahan desa, peran pelaksanaan pembangunan desa, peran pembinaan kemasyarakatan dan peran pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga  Blokir akses Jalan HKi di balai raja.Warga minta stop kerja sampai ada pembayaran ganti rugi lahan nya.

“Desa dalam menjalankan perannya dibutuhkan SDM yang produktif, handal serta profesional dan memiliki kapabilitas dalam menjalankan peran dan fungsinya di desa. Peningkatan kemampuan aparatur desa sangat diharapkan agar mampu menjalankan peran/tugas secara optimal sesuai dengan peran dan fungsinya,” ungkap T. Zainuddin.

Lebih lanjut Asisten Administrasi Umum tersebut mengingatkan bahwa Kades, Perangkat Desa dan BPD harus paham regulasi yang berlaku dalam pelaksanaan pembangunan. Rajin berdiskusi dan membaca aturan, manfaatkan teknologi dalam menggali pengetahuan dan menjalankan pembangunan.

“Dalam penyelenggaraan pemerintahan desa yang terpenting adalah bagaimana Pemerintah Desa mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan mampu meningkatkan daya saing desanya. Oleh sebab itu, peningkatan kapasitas aparatur desa dan BPD dalam menjalankan manajemen desa sangat diharapkan lebih meningkat,” tutupnya.

Baca Juga  KPK Tunggu Audit BPK Tentukan Nasib Amril Mukminin

Editor : PP

Sumber : Prokopim Bengkalis.

Users ( votes)
Criterion 1
What people say... Leave your rating
Sort by:

Be the first to leave a review.

User Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

Show more
{{ pageNumber+1 }}
Leave your rating

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: