Connect with us

Jakarta

Upload Surat Terbuka Berisi Intoleransi di Medsos, Letkol Sandi Dihukum KSAD

Published

on

JAKARTA, PortalPinggir. Com, – Letkol TNI Aloysius Sandi Sudirman dihukum selama 21hari akibat surat terbuka yang mempersoalkan isu intoleransi di Indonesia. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menyebutkan hukuman pidana militer itu sebagai bentuk pembinaan.

“Kita menjatuhkan hukuman disiplin, jadi bukan pidana. Jadi hukum disiplin militer itu UU 25 Tahun 2014 Pasal 8 yang kita kenakan segala perbuatan, perbuatan ini bertentangan dengan perintah kedinasan. Itu sudah cukup karena kami pikir sebagai bentuk pembinaan,” kata Andika di Mabesad, Jalan Veteran No 5, Jakarta Pusat, Rabu (26/2/2020)Andika kemudian menjelaskan kronologi kasus Letkol Aloysius ini. Ia mengatakan, setelah Letkol Aloysius mengunggah surat terbukanya di media sosial pada 8 Februari lalu, pihaknya langsung memeriksa yang bersangkutan.


Hasil pemeriksaan menunjukkan Letkol Aloysius masih berstatus prajurit aktif TNI AD. Karena itu, kata Andika, dia harus tunduk pada sistem peradilan militer Indonesia.

Andika melanjutkan, banyak potensi pelanggaran hukum atas tindakan surat terbuka Letkol Aloysius ini. Dari hukum pidana, Letkol Aloysius bisa diancam dengan UU 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Baca Juga  59 Kg Sabu Disita Dan 11 Pengedar Narkoba Di Amankan Bareskrim Di Riau

“Kemudian juga potensi permasalahan dengan hukum pidana militer. Mulai Pasal 27 ayat 3, Pasal 45 ayat 3 tentang dugaan penghinaan dan pencemaran nama baik,” kata Andika.”Lalu Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 ayat 2 tentang dugaan penyebaran kebencian atau permusuhan kepada individu atau kelompok berdasarkan SARA. Juga Pasal 103 tentang melalaikan perintah kedinasan,” sambungnya.


Sebagai KSAD, dia telah menegaskan kepada semua prajurit Angkatan Darat untuk mematuhi tugas dan kewenangan pokok prajurit. Andika berujar apa yang dilakukan oleh Letkol Aloysius tersebut di luar kewenangannya sebagai prajurit.

Namun ia juga mengakui Letkol Aloysius sebagai prajurit yang baik dan akan memasuki masa pensiun pada Juli nanti. Karena itu, ia berharap dan meyakini masa pembinaan yang sedang dijalani oleh Letkol Aloysius akan memberikan pelajaran yang baik bagi dirinya.

Baca Juga  Ini Pertama kalinya di medan Bayi Pasien PDP Positif Covid-19 Meninggal.

“Jadi itu kan sifatnya pembinaan ya. Jadi saya harap dan saya yakini yang bersangkutan bisa mengakhiri masa dinasnya dengan catatan bagus,” pungkas Andika.

Sumber/detiknews

Editor/Admin PP

Users ( votes)
Criterion 1
What people say... Leave your rating
Sort by:

Be the first to leave a review.

User Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

Show more
{{ pageNumber+1 }}
Leave your rating

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: